>

Peluncuran Kamus Dwibahasa Indonesia-Madura Edisi Revisi

Penanggungjawab: Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa

Penyunting Penyelia: Amir Mahmud

Penyunting: Abdus Syukur Gazali, Ahmad Sofyan

Penyusun: Puspa Ruriana, Siti Komariyah, Dwi Laily S, Tri W, Iqbal Nurul A

ISBN: 978-602-8334-05-1

Katalog dalam Terbitan: 499.223.3

Penerbit: Balai Bahasa Provisnsi Jawa Timur

Seiring dengan berjalannya jaman, bahasa Madura terus berkembang. Oleh karena itu, bahasa Madura yang merupakan salah satu unsure kebudayaan nasional wajib dipelihara, dipertahankan, dan dibina agar tidak punah. Usaha ini harus dilakukan karena pada dasarnya, bahasa daerah mampu mendukung perkembangan bahasa nasional.

Balai Bahasa Jawa Timur yang memiliki tugas untuk melestarikan dan membina bahasa Madura, melakukan perevisian kamus Indonesia-Madura yang telah disusun pada tahun 2008. Penyusunan kembali Kamus Indonesia-Madura ini perlu dilakukan mengingat tidak pernah ada kamus yang sempurna karena bahasa terus berkembang. Revisi yang dilakukan meliputi penambahan lema serta perbaikan ejaan, pemenggalan kata, pendefinisian, contoh pemakaian kalimat dalam kamus.






Penambahan lema yang dilakukan dalam kamus edisi revisi ini adalah sekitar 1.700 lema. Sehingga lema yang semula 4000, menjadi 5.700. Perbaikan ejaan dilakukan dengan berpedoman pada Ejaan Bahasa Madura yang Disempurnakan oleh Balai Bahasa Jawa Timur tahun 2012. Pemenggalan kata disesuaikan dengan pemenggalan kata dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Perbaikan pendefinisian dilakukan dengan metode sinonimis. Perbaikan kalimat dilakukan dengan menyesuaikan konteks bahasa Indonesia dengan konteks bahasa dan budaya Madura.



0 comments:

Post a Comment

Thanks for comment. Admin will moderate soon